Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

MSS : Cara menambah shortcut klik kanan pada desktop

Barangkali anda pernah menjumpai beberapa menu tambahan yang berada pada klik kanan mouse. Menu-menu tersebut tentunya bertujuan agar mudah untuk diakses karena hanya dengan klik kanan saja, beberapa menu bisa tampil. Nah, untuk membuat tambahan menu di klik kanan mouse tersebut tidaklah sulit. Kita hanya perlu melakukan beberapa perubahan pada registry saja sudah bisa mendapatkan beberapa menu klik kanan mouse. Tetapi jangan lupa sebelum melakukan modifikasi registry, buatlah bacup dulu, untuk berjaga-jaga jika proses perubahan akan menemui masalah, sehingga registry bisa dikembalikan lagi ke posisi system bisa bekerja secara normal.
Sebagai contoh, kita akan menambahkan notepad kedalam menu klik kanan. Buka resgistry editor anda dan ikuti path berikut ini:
HKEY_CLASSES_ROOTDirectoryBackgroundshell
Klik kanan pada shell > new > key dan tulislah nama aplikasi yang anda kehendaki, nama ini nanti akan muncul pada menu.
Klik kanan pada Notepad > new > key dan buatlah key baru dengan nama command (dalam huruf kecil/lowercase).
Selanjutnya anda memerlukan full path dari aplikasi yang ingin anda koneksikan dan memasukannya kedalam value command. sebagai contoh notepad tadi bisa didapatkan seperti penjelasan gambar berikut ini:
Klik pada command dan klik dua kali pada default key disebelah kanan kemudian masukan path aplikasi yang sudah dicopy.
Klik ok kemudian retart komputer, klik kanan pada desktop komputer anda dan anda akan menemui sesuatu yang baru pada menu klik kanan, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar