Ads 468x60px

Jumat, 24 Februari 2012

Tips Menghafal Dengan Cepat

Tips Menghafal Dengan Cepat | Trik Mudah Menghafal Secara Gampang ~ Kali ini nano pertapan akan sedikit berbagi satu artikel yang sangat menarik dan unik sekali khusus untuk sobat pengunjung setia blog saya ini tentang bagaimana cara kita supaya menghafal secara cepat dan benar. untuk artikel selenkgpnya bisa sobat baca secara sekasam yang berada dibawah ini. Oke langsung cek aja sob..

Menghafal Cepat

Beberapa fakta menarik tentang Tips Menghafal Dengan Cepat :

1. Ciptakan suasana belajar senyaman mungkin.
suasana belajar yang rileks sangat berpengaruh. Saat menghafal,kita membutuhkan kerja otak kanan dan kiri. Dengan suasana yang rileks akan membantu kita memaksimalkan kerja kedua otak tersebut. Dengan demikian, kita akan mudah menghafal/menyerap materi.

2. Baca dengan cermat.
pada dasarnya, model pokok belajar adalah membaca. Bacalah dengan seksama bahan yang akan kita hafal. Lalu, YAKINLAH bahwa kita benar – benar memahami materi yang kita baca. Saat kita menemukan bagian tersulit, bacalah bagian tersebut dahulu. Cara ini sangat berguna karena biasanya menghafal yang sulit akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Dan jika kita telah berhasil menaklukkan bagian tersebut, kita akan termotivasi untuk menaklukkan bagian yang lain yang lebih mudah dan lebih cepat.

3. Ulangi bagian tersulit.
Baca kembali bagian tersebut dengan cepat dan ulang – ulang bagian lain juga dengan kecepatan tinggi.

4. Buat “penanda” dalam benakmu.
Ciptakan penanda dalam benakmu dangan membuat sebuah perumpamaan. Dan Mikels, orang yang mampu mengingat semua nama, alamat, dan nomor telepon yang ada di Los Angeles yakin bahwa orang mulai kehilangan kemampuan mengingat saat mereka mulai menandai. Tanda menurut Mikels adalah peristiwa – peristiwa yang menarik, baru dan menyenangkan dalam kehidupan kita. Visualisasikan tanda itu menjadi sesuatu yang dapat kita lihat dengan sejelas-jelasnya. Misalnya dengan membuat gambar kartun, sketsa atau diagram.

5. Ulangi dengan suara.
Ulangi lagi bacaanmu, sekarang dengan mengombinasikan antara suara yang kamu keluarkan dengan tanda apa yang telah kamu pilih. Kalau kamu mau lebih seru, ngga’ salahnya menambah gaya saat menghafal.

6. Tidur.
Belajar sambil tidur ? Ya, tidurlah sejenak setelah kamu mengulangi kembali apa yang sudah kamu baca dan hafalkan dengan singkat. Sebab proses pengendapan dalam memori akan lebih cepat terjadi manakala kita tidur, sekaligus memulihkan stamina yang telah kita pakai selama proses menghafal tadi.

Demikaian artikel dari saya tentang "Tips Menghafal Dengan Cepat" semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk sobat pembaca, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan sobat.

0 komentar:

Posting Komentar