Ads 468x60px

Minggu, 30 Oktober 2011

Menghadapi Blogger Ketika Maintenance - Tips Aman Ketika Blogger Tidak Bisa Dibuka

Menghadapi Blogger Ketika Maintenance - Tips Aman Ketika Blogger Tidak Bisa Dibuka. Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa hari yang lalu situs Blogger.com tidak bisa dibuka dikarenakan sedang dalam keadaan maintenance. Memang sih, yang namanya lagi maintenance...kita tidak bisa apa-apa, login saja tidak bisa apalagi membuat tulisan baru. Tapi alhamdulillah, tadi malam maintenance blogger tersebut telah berakhir dan kembali normal seperti biasa. Walau Blogger.com sudah bisa diakses seperti semestinya, namun ada beberapa Blogger yang merasa sedih dikarenakan di blog mereka ada yang hilang, seperti komentar para pengunjung dan yang lebih parahnya lagi ada yang kehilangan postingan, baik yang disimpan secara draf (dengan tujuan untuk dipublis sesuai dengan jadwal) maupun yang sudah dipublis. Karena pada umumnya para Blogger mengalami kehilangan postingan ketika Blogger.com maintenance, maka dari itu kita akan membahas cara mem-backup semua postingan yang ada di blog kita.

Cara untuk membackup tulisan-tulisan/semua postingan yang ada di blog kita sangat gampang sekali, berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Blogger seperti biasanya
2. Klik menu Pengaturan
3. Untuk memulai mem-backup semua postingan yang ada di blog sobat, silahkan klik tulisan "Ekspor Blog", ini dimaksudkan agar kita bisa menyimpan semua isi/postingan yang ada di blog kita ke komputer kita

4. Selanjutnya kliklah tombol "Unduh Blog"

5. Maka nanti akan muncul pop-up download file, pastikan untuk mencentang "Save File" lalu kliklah tombol "OK" untuk memulai proses Download.

6. Selanjutnya proses penyimpanan file backup postingan-postingan kita telah berhasil. Sampai di sini, postingan-postingan kita telah aman.

Lalu bagaimana jika terjadi kehilangan postingan seperti yang dialami oleh sobat-sobat Blogger kita? Caranya gampang, kita tinggal mengupload file backup yang telah kita download tadi: Klik pengaturan => Lalu klik "Impor Blog" => Tekan tombol "browse" => Isi kode verifikasi => Lalu centang kotak "Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis" agar semua entri/postingan yang telah kita upload akan diterbitkan secara otomatis dan jangan dicentang jika sobat ingin menguploadnya sebagai draft/konsep. Klik tombol "Impor Blog" untuk memulai upload. Selesai...!!!

Sesering mungkin sobat mem-backup isi blog sobat, maka semakin aman pula postingan-postingan sobat ketika Blogger.com lagi maintenance. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar