Ads 468x60px

Minggu, 30 Oktober 2011

Meraih Bintang Lima Dari Alexa Rank

Alexa Traffic Rank merupakan rangking popularitas dari sebuah blog yang dihitung berdasarkan besarnya jumlah kunjungan (traffic) dari blog.  Posting kali ini adalah sebuah refleksi terhadap perjalanan shalimow.com dihadapan alexa. Harapannya pasca refleksi ini muncul strategi baru untuk meningkatkan kinerja blog.
Tidak sedikit para blogger dunia yang mengecoh alexa ranking dengan berbagai perbuatan yang kurang sopan, seperti mengunakan software tertentu, dst. Memang begitu dahsyat hasilnya, beberapa blog saya yang dibeli orang seberang dalam waktu beberapa minggu sudah nembus alexa 200.000 sehingga mereka semakin leluasa memonetizing blog tersebut.
Alexa shalimow memang kurang terperhatikan, apalagi saya sudah semakin jarang blogwalking karena sibuk, menggelar kontes-kontesan seperti layaknya beberapa teman juga nihil karena merasa tak mampu menyediakan hadiah yang layak maka saya hanya berharap mennaikkan alexa rank dengan berdoa saja, heheeheh.
Hadirnya alexa rank seolah menjadi hiburan bagi blog ini karena masih ada pihak yang menghargai jerih dan payah dalam membangun blog ini, maklum google sudah nggak rela memberikan pageranknya lagi selama setahun terakhir. Jadi layak rasanya saya mengucap “ thanks alexa”. OK, Alexa Rank shalimow setelah saya tanyakan menghasilkan beberapa jawaban sebagai berikut:
Shalimow.com selama tiga bulan terakhir mempunyai Alexa 86.424. Trafik tersebut datang dari mesin pencari adalah sekitar 21%. Para pengunjung ke sana menghabiskan waktu sekitar lima menit per kunjungan ke situs dan 55 detik per tampilan halaman. Info sederhana ini penting menjadi landasan untuk membangun strategi meningkatkan trafik dan alexa rank.
Selain info tersebut saya juga mendapat kan informasi aktual mengenai artikel yang paling banyak dikunjungi dan datang dari search engine. Ternyata masih saja artikel sejarah sepakbola, cara edit foto. dan Qur’an in word sebagai peringkat tiga besar. Harusnya saya mengedit agar artikel tersebut semakin berkualitas, hehehehe. Selain hal tersebut saya juga semakin bisa memperhatikan keyword yang paling banyak diakses melalui search engine, dan sekali lagi kita bisa hujani lagi dengan keywor setema dengan hal tersebut.
Kalau menginginkan alexa semakin bagus memang salah satu hal yang saya yakini masih efektif yaitu menggunakan taktik klasik:
Mengunakan Alexa Toolbar, Alexa toolbar dalam operasional ngeblog anda maka pencarian kita secara otomatis akan langsung terindeks oleh mesin pencari alexa. Masing-masing operator search engine tentunya akn memberikan nilai lebih pada usernya, sehingga korelasinya dengan rank sangat logis.
Memasang Alexa Widget, Memasang Alexa site stat widget di blog akan mengantarkan data pengunjung (sebagai ping) ke server Alexa sehingga dengan cepat mempengaruhi statistik Alexa menjadi lebih up to date. Namun selama tiga bulan alexa relatif stagnan maka dua minggu lalu saya sengaja melepasnya, sekitar satu bulan nanti saya akan memasangnya kembali. Kenapa saya lakukan tindakan ini? Kata diskusi para webmaster hal ini bisa melecut alexa kembali saat dipasang ulang. Apakah hal ini benar, nanti akan kita ulas khusus.
Selain aspek remeh temeh tersebut, memang harus dilakukan dengan 1001 macam cara halal untuk meningkatkan pengunjung, dan ini yang menuntut saya untuk lebih serius melakukannya, Jangan malas!!! Hehehe. Siap Bos Alexa, shalimow siap.
OH ya, judulnya kok meraih bintang lima dari alexa, apa maksudnya? OH ya kalo teman-teman ingin mendapatkanya maka mintalah rekan lain untuk memberikan penilaian dengan menggunakan link dari alexa widget. Kalo penilaian mereka bagus maka anda akan mendapatkan bintang lima. Saya belum tahu ada syarat alexa berapa untuk mendapatkan bintang lima. Selamat mencoba ya!
Demikian pengalaman shalimow.com berkenalan dengan mbak Alexa, kalau teman-teman ada masukan untuk memperbaiki kinerja blog ini maka saya sangat berbahagia karenanya. Sebagai newbie saya hanya berharap ada yang membimbing saya ke jalan yang benar, Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar