Ads 468x60px

Senin, 26 Desember 2011

Kecepatan Koneksi Internet Indonesia Masuk Peringkat 150 Dunia


Kecepatan Koneksi Internet Indonesia Masuk Peringkat 150 Dunia - Jika Sobat menggunakan akses broadband Speedy, Smart, dan sebagainya dan menganggapnya cepat, sebenarnya Sobat salah. Meskipun di komputer terlihat kecepatannya 100 Mbps, sebenarnya kecepatannya tak pernah sampai segitu. Sobat bisa membuktikannya dengan melihat Task Manager komputer Sobat saat Sobat mengakses internet. Sobat bisa mengaksesnya dengan cara menekan Ctrl -> Alt -> Del atau Ctrl -> Shift -> Esc. Hasilnya kebanyakan kurang dari 1 Mbps.
Jika Sobat ingin mengetahui secara pasti kecepatan koneksi internet Sobat, bisa mengunjungi speedtest.net. Speedtest.net adalah alat analisis kecepatan broadband yang memungkinkan setiap orang untuk menguji koneksi internet mereka.
Begitu Sobat membuka situsnya, Sobat cukup klik tombol Begin Test. Tes akan berlangsung dan Sobat cukup menunggu hasilnya (boleh sambil bekerja). Di komputer saya, kecepatan downloadnya mencapai 0.4 Mbps, dan kecepatan uploadnya 0.1 Mbps. Kecepatan download ini tidak berarti tiap kali Sobat mendownload file kecepatannya 0.4 Mbps, tetapi sudah termasuk kecepatan saat Sobat membuka halaman website.
Di speedtest.net ini saya melihat kecepatan koneksi internet di seluruh dunia (World Result), ternyata kita sangat jauh tertinggal. Kecepatan download Indonesia rata-rata 1.3 Mbps, kecepatan upload 0.49 Mbps. Indonesia menduduki peringkat 150 untuk kecepatan download, dan peringkat 135 untuk kecepatan upload (hasil dilihat pada 9 Januari 2011 dan mungkin berubah).
Hasil ini berbeda jauh dengan peringkat satu dunia, Korea Selatan, dengan kecepatan download 38.02 Mbps dan kecepatan upload 20.85 Mbps. Dan kedudukan Indonesia semakin terpuruk melihat jumlah negara yang dites adalah 185 negara. Ini berarti negara kita termasuk “jongkok” dalam koneksi internet.
Apapun yang terjadi ke depan, saya tetap berharap Indonesia akan cepat menjadi negara maju. Tetap optimis dan semangat. Maju Indonesia!

0 komentar:

Posting Komentar