Ads 468x60px

Minggu, 20 November 2011

Aplikasi WordPress for BlackBerry

WordPress for BlackBerry Application
Jadi ceritanya, beberapa pekan yang lalu akhirnya saya membeli sebuah BlackBerry (gemini) karena kebutuhan untuk membalas email semakin lama semakin tinggi dan membuka netbook lalu mencari hotspot setiap ‘sekedar’ membaca dan membalas email bukanlah pilihan yang bagus. Setelah cukup akrab dengan user interfacenya, saya langsung menginstall berbagai aplikasi yang saya butuhkan dan sebagai pengguna WordPress, aplikasi WordPress for BlackBerry yang baru saja dirilis beberapa bulan yang lalu merupakan aplikasi yang langsung masuk daftar instalasi saya.

Apa dan bagaimana

WordPress for BlackBerry Application
WordPress for BlackBerry dapat diunduh secara gratis di situs resminya atau langsung saja search melalui  App World. Ukurannya filenya tidak terlalu besar sehingga dengan koneksi EDGE / GPRS BlackBerry internet service Telkomsel yang saya gunakan pun proses pengunduhan dapat dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Setelah mendownload, install dan registrasi WordPress based blog (bisa wordpress.org based atau yang di host di wordpress.com – it doesn’t matter. bahkan bisa registrasi wordpress.com juga) yang anda kelola.
Setelah meregistrasi situs yang akan dikelola, anda tidak butuh untuk login setiap kali mengkakses blog anda via WordPress for BlackBerry. Cukup buka aplikasi, and there it goes.

Yang dapat anda lakukan


Aplikasi ini dapat melakukan berbagai hal dasar dan esensial yang dapat anda lakukan di dashboard WordPress. Menulis post dan page (hingga menambahkan lokasi, custom field, dll), mengatur options standar, mengelola phone media, dan yang terpenting adalah… membalas komentar (menyetujui dan membalas komentar sangat mengkonsumsi waktu, terutama jika cukup banyak orang yang berkomentar). Saya sangat-sangat terbantu sekali dengan fitur komentar ini. Jadi tiap kali ada waktu senggang yang belum ada kegiatan berikutnya, saya bisa menjawab komentar teman-teman :D
Anyway, aplikasi ini juga mampu mengakses plugin-plugin tertentu seperti WordPress.com stat. Hm, saya jadi penasaran (belum sempat mencoba) apakah custom post_type WordPress 3.0 yang terakses di dashboard dapat diakses melalui aplikasi ini juga.

Yang tidak dapat anda lakukan

Cukup banyak konfigurasi yang detail seperti pengaturan komentar, pembaca, edit plugin / theme tidak bisa dilakukan via WordPress for BlackBerry ini. Performanya untuk meresize photo juga belum terlalu memuaskan sih.  Loading bar imagenya juga masih terlihat kasar. Bagaimanapun, untuk hal-hal dasar sudah sangat oke  :D

Pendapat saya secara keseluruhan

Aplikasi ini sangat-sangat membantu, secara kebutuhan saya untuk blogging secara mobile baru sampai tahap “membalas komentar” secara mobile. Saya belum sampai tahap mobile blogging sekali karena untuk ide-ide pendek saat ini masih tersalurkan via twitter. Bagaimanapun, saya sempat mencoba menulis post dan mempublikasikannya melalui aplikasi ini dan hasilnya cukup oke (meskipun tidak bisa rich formatting).
Anda sudah menjajal WordPress for BlackBerry? Apa pendapat anda? :)

0 komentar:

Posting Komentar