Ads 468x60px

Kamis, 17 November 2011

Cara Membuat Google+ Page & Widget Google+ Page di Blog/Web

google+ pages

Kehadiran Fitur Google+ Page

Google+ semakin menunjukkan kekuatannya. Fitur baru, yaitu Google+ Pages (halaman mirip dengan Facebook Page), telah diluncurkan pada 7 November 2011 lalu. Saya mendapat kan notifikasi dari Google+ mengenai hal tersebut serta telah mencoba membuatnya. Ternyata G+ Page memiliki potensi & fitur yg lumayan bagus juga. Google+ Page dapat menjadi alat yg kuat untuk share content blog/web dan mengukuhkan otoritas blog/web serta bisnis di dunia internet. Ada berbagai jenis Google+ page yg dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan. Karena baru saja diluncurkan (beta), pastinya Google+ Page masih memliki beberapa kekurangan dibanding Facebook Page. Namun saya yakin dalam beberapa bulan ke depan Google+ Page dapat bersaing dengan Facebook Page, terutama..... yah, dalam Hal SEO. SEO?!
.....

Google+ Page dan Search Engine Optimization (SEO)

Artikel ini sengaja saya luncurkan setelah melakukan beberapa uji coba terlebih dahulu pada efek Google+ Page terhadap SEO Google. Seperti halnya Google+ untuk account personal, saya yakin Google+ Page juga memiliki efek terhadap SEO dan search ranking di SERPs. Dan memang benar sekali, setelah beberapa hari membuat Google+ page Buka Rahasia Blogspot, hasil pencarian di Google untuk blog ini memunculkan Google+ Page Buka Rahasia Blogspot pada urutan ke dua setelah blog http://buka-rahasia.blogspot.com, serta menggeser posisi Facebook Page-nya.
cara membuat Google+ Pages
Kekuatan Google+ Page di SERP menunjukkan peran pentingnya terhadap upaya peningkatan authority serta visibility blog/web di mata search engine. Ini adalah hipotesis sementara yg ke depan tentu akan sangat berbeda serta mengalami pengembangan jauh lebih dalam mengenai keterkaitan antara Google+ Page dengan SEO.

So, apapun bentuk blog/web anda atau apapun jenis bisnis, organisasi, perusahaan, dll, saya sangat menganjurkan membuat G+ Page sekarang juga. Nantinya, yg akan muncul di web atau iklan tidak hanya like us on Facebook, atau follow us on Twitter, tapi juga Add us on Google+ :-).

Cara Membuat Google+ Page

Syarat utama membuat Google+ Page adalah kepemilikan account Google+. So, sebelum membuat G+ page, buat account Google+ terlebih dahulu.
1. Di halaman account G+ lihat pojok kanan bawah, disana ada link "Create a Google+ Page". Klik link tersebut.
2. Pilih jenis page sesuai kebutuhan pada menu "pick a category". Jika menurut anda kurang sesuai, pilih "Other".
3. Lanjutkan dengan mengisi data page pada "add your info", yaitu nama Page dan website. Centang semua persyaratan di bagian bawah form.
4. Setelah page terbuat, lakukan kostumisasi. Klik menu customize. Isikan tagline atau deskripsi page. Tambahkan juga gambar sebagai foto profil page yg telah dibuat tadi, klik "change profile photo", browse pada folder dimana terdapat gambar yg diinginkan lalu ipload.

5. Klik juga menu "get the word" untuk share Google+ Page baru ke circles anda di Google+.
6. Buat & pasang widget badge Google+ Page di blog/web.

Pilih jenis-jenis badge atau icon pada menu di bawah tampilan widget. Saat ini, widget yg tersedia adalah yg dalam bentuk icon.
Setelah itu, lihat kode di bawahnya:
a. Copy kode di bagian atas (ditandai kotak biru), buka halaman edit HTML template, letakkan kode di atas </head>. Lalu save.
b. Copy kode di bagian bawah (ditandai kotak merah), paste ke Gadget blog (di page elements klik add a gadget > pilih HTML/Javascript). Masukkan kode ke dalam kotal HTML/Javascript lalu klik "save". Di halaman page elements/layout drag/geser gadget ke posisi yg diinginkan lalu save lagi.

Done! You now have got a Google+ Page and its widget on your blog/web. Sekarang anda dapat share status, gambar, atau link yg berkaitan dengan blog, web, bisnis, organisasi, atau apapun di Google+ Page.

Sumber : Buka Rahasia blogger

0 komentar:

Posting Komentar