Ads 468x60px

Sabtu, 17 Desember 2011

Password Email Berbahaya Mudah Ditebak!


Password
gambar: yuli-abang.blogspot.com
Password Email Berbahaya Mudah Ditebak! - Beberapa waktu lalu, saya telah menulis tentang bagaimana cara mengamankan akun online. Salah satu poin-nya adalah tentang password yang mudah ditebak.
Bacalah artikel tersebut. Ketahui bagaimana password yang bersifat hal-hal pribadi pun dapat ditebak. Bahkan Google pun dapat membantu kegiatan tebak-menebak password ini. :)

25 password paling berbahaya

Nahh… sekarang saya akan memberikan daftar 25 password yang paling berbahaya. Password-password ini sangat mudah ditebak.
Ok. Inilah 25 password yang berbahaya tersebut.
  1. password
  2. 123456
  3. 12345678
  4. qwerty
  5. abc123
  6. monkey
  7. 1234567
  8. letmein
  9. trustno1
  10. dragon
  11. baseball
  12. 111111
  13. iloveyou
  14. master
  15. sunshine
  16. ashley
  17. bailey
  18. passw0rd
  19. shadow
  20. 123123
  21. 654321
  22. superman
  23. qazwsx
  24. michael
  25. football
Apakah Anda menggunakan salah satu dari password-password tersebut? Jika ya, gantilah segera. Berikut ini saya berikan sedikit tips untuk membuat password yang cukup baik.

Bagaimana membuat password yang baik

Di sini saya akan mencontohkan nama saya (Rizki) sebagai password. Perhatikan bagaimana saya melakukan perubahan password dengan menggunakan nama saya.

1. Gabungkan angka dan huruf.

Cara termudah adalah ubah huruf vokal menjadi angka. Huruf-huruf yang bisa diubah adalah: A=4, E=3, I=1, O=0. Selain itu, bisa juga ditambahkan angka di belakang password. Pilihlah angka yang memiliki arti bagi Anda agar mudah diingat. Namun jangan tanggal-tanggal istimewa. Tanggal-tanggal tersebut akan mudah ditebak.
Dengan ini, nama saya menjadi: Rizk1

2. Gunakan dua kata dan beri spasi

Lebih baik gunakan password yang terdiri dari dua kata. Jika website tempat Anda mendaftar memperbolehkan adanya spasi untuk password, gunakanlah spasi.
Kalau langkah pertama dan kedua ini digabungkan, kini Anda memiliki password dua kata, ber-spasi, dan merupakan campuran angka dan huruf.
Contoh: R1zK1

3. Gunakan huruf kapital

Gunakan saja huruf kapital jika website tersebut mengijinkan. Untuk memudahkan mengingat, gunakan saja huruf besar pada posisi tertentu. Misalnya pada huruf kelima. Konsistenlah dalam peletakkan huruf besar. Jika huruf kelima, teruslah mengubah huruf kelima menjadi huruf besar. Ini untuk menghindari lupa password.
Langkah 1, 2, dan 3, maka nama saya menjadi: R1zk1

4. Gunakan tambahan di belakang kata

Buatlah kode untuk tiap website. Kodenya yang mudah Anda ingat saja. Contohnya, pilih 3 huruf pertama dari nama website terkait. Misal, untuk Facebook, beri saja kode “fac“. Atau jika ingin rumit lagi, beri kode “f4c“.
Jika Anda ingin menggunakan password yang sama pada berbagai website, gunakan langkah keempat ini sebagai pembeda. Buatlah kode yang khas Anda untuk masing-masing website. Tentunya yang mudah diingat.
Dengan tambahan langkah ini, maka nama saya menjadi sebuah password yang cukup kuat yaitu: R1zk1

Buatlah pola khas yang rumit

Contoh di atas adalah variasi password yang menurut saya mendasar. Pada penerapannya, saya tidak menggunakan pola semudah itu. Tapi lebih rumit lagi.
Buatlah sendiri pola unik password Anda dengan cara-cara di atas. Konsistenlah dengan pola tersebut. Maka sebanyak apapun akun Anda di internet, kemungkinan lupa passwordnya akan semakin kecil.
Bagaimana? Anda mendapatkan petunjuk membuat password yang baik? Bagikanlah artikel ini pada teman Anda. Atau berikan “Like” pada fanpage Mashasih di Facebook.

0 komentar:

Posting Komentar