Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

MSS : Cara Berkomentar yang Baik

berkomentar baikCara Berkomentar yang Baik - Dalam berkomentar, kita juga perlu memperhatikan cara berkomentar yang baik. Mengapa demikian? Seperti halnya berkenalan, jika kita hanya langsung berkenalan saja tanpa memperhatikan cara berkenalan yang baik, apakah orang yang diajak untuk berkenalan tadi akan merespon? Tentu tidak, semua itu ada aturannya, tidak perlu dijelaskan pasti sobat semua sudah tahu kan cara berkenalan yang baik.

Sama halnya dalam dunia blogging, kalau kita mau memberikan komentar ke blog teman atau blog yang belum pernah kita kenal sebelumnya, kita harus memperhatikan dan memakai tata cara berkomentar yang baik dalam memberikan komentar, sehingga komentar kita bisa diterima oleh si pemilik blog yang kita kunjungi, dan apabila komentar kita membuat pemilik blog terkesan, bisa jadi pemilik blog akan berkunjung balik ke blog kita, sehingga tercipta komunikasi yang baik antar blogger lain..

Padahal dengan berkomentar yang baik, itu akan mempengaruhi citra dan kredibilitas kita sebagai pemilik blog dan blog yang kita komentari. Jika anda hanya memberi komentar yang simple dan tidak bermakna, seperti:

"Thanks atas infonya" atau "Bagus banget artikel ini!"

Sebenarnya komentar tersebut kurang baik, berbeda halnya dengan komentar yang berkualitas seperti ini:

"Saya kira artikel ini lumayan penting untuk blogger pemula yang ingin belajar SEO seperti saya. Namun saya tambahkan satu yang mempunyai peran penting dalam SEO, yaitu penggunakan font style. Penggunaan font ini harus diperhatikan dan juga mempunyai peran penting terhadap SEO, contohnya penggunakan bold, italic, underline, strikethrough hingga colour/warna pada kata-kata."

Terlihat berkualitas dan berarti bukan?

Dalam berkomentar yang baik pula, anda akan mendapat limpahan traffic yang besar pula. Namun saya ingatkan tidak menggunakan teknik spam komentar otomatis. Misalnya dengan menggunakan software tertentu yang bisa langsung mengirim komentar ke banyak blog.

Mungkin awalnya anda akan langsung mendapat limpahan traffic. Tapi cara ini juga cepat merusak brand blog anda. Dengan cepat anda akan segera dicap sebagai spammer komentar.

Nah, bagaimana cara berkomentar yang baik di blog orang lain? Berikut tipsnya:

1. Berkomentar Sesuai Isi Postingan

Kebanyakan orang yang berkomentar, mereka hanya ingin cepat berkomentar tanpa membacanya isi postingan terlebih dahulu, hal ini akan mengakibatkan komentarnya tidak sesuai dengan isi postingan. Berkomentar dengan terburu-buru seperti ini bisa membuat anda salah berkomentar Berkomentar dengan terburu-buru seperti ini bisa membuat anda salah berkomentar. Misalkan saja komentar anda tak sesuai, berlawanan, atau terlihat lucu dibandingkan isi posting. Anda akan terlihat “bodoh” di mata pengunjung lainnya.

2. Hindari Berkomentar Bersifat Negatif

Mungkin ketika membaca sebuah posting, anda tak setuju dengan isinya. Tentu saja anda boleh menyampaikan pendapat anda. Tapi ingat sampaikan secara elegan. Tidak dengan berkomentar yang negatif, hal ini akan dapat merusak citra anda sendiri.

Kalaupun anda tak setuju terhadap isi sebuah posting, anda bisa sampaikan secara baik. Beri komentar secara santun dan yang sifatnya membangun akan membuat anda mendapat respek dari pengunjung lainnya. Namun jika ini terjadi pada pengunjung anda yang berkomentar negatif, silakan baca artikel saya menghadapi komentar negatif .

3. Berkomentar Satu Tema Dengan Blog

Berkomentar di satu tema dengan blog kita akan berpeluang mendapat traffic pengunjung yang lebih besar. Misalkan blog ini saja yang bertema tips ngeblog, pastinya akan berkomentar di blog yang satu dengan tema. Tetapi semua itu tidak menutup kemungkinan untuk berkomentar di blog yang temanya berbeda seperti halnya saya yang jika blogwalking akan berkomentar ke blog tersebut.

4. Berkomentar Pendek, Tapi Bermakna

Meskipun anda berkomentar pendek, tapi bermakna. Tentu pengunjung lain akan terkesan dengan tulisan anda yang walaupun pendek tetapi mempunyai arti yang lebih. Tapi perlu diingat, anda juga harus mengutamakan point pada nomer 1.

5. Komentarnya Tak Memberi Nilai Tambah

Maksudnya, komentarnya tak memberikan nilai tambah terhadap isi posting. Padahal kalau mau kita sadari, salah satu cara membentuk brand blog adalah lewat komentar (baca: Pentingnya Berkomentar). Dengan memberikan komentar yang berkualitas, yang bisa memberikan nilai tambah terhadap isi posting, akan membantu membangun kredibilitas anda.

6. Jangan Sembunyikan Identitas Diri

Ini tidak wajib, namun perlu. Maksudnya dalam berkomentar gunakanlah selalu akun blogger anda. Pada saat itu pula, pengunjung atau admin yang mengklik nama pengomentar, mereka akan tahu identitas diri anda. Dengan cara ini pula anda bisa mempererat tali silaturahmi antar blogger.

Jadi dalam anda berkomentar harus memiliki kualitas komentar yang tinggi, supaya si pemilik blog dan pengunjung lainya berkesan dan bersimpati kepada anda, walaupun hanya sekedar komentar, tetapi komentar kita menggambarkan sifat kita sendiri dalam bersosial yang baik. Nah bagaimana menurut anda? Adakah cara yang lain?

Sekian dulu artikel saya mengenai cara berkomentar yang baik. Semoga anda yang membacanya memberi manfaat tersendiri dan lebih memahami tentang cara berkomentar yang baik itu.

0 komentar:

Posting Komentar