Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

MSS : Cara Kompresi Berkas Foto dengan Caesium

Kalo jaman dulu, fotografi masih menggunakan kamera analog yang hasilnya tidak bisa banyak diedit. Media penyimpanannya juga masih menggunakan bahan seluloid yang masih banyak kekurangannya. Pada era sekarang yang serba digital, proses fotografi juga lebih mudah. Hasil jepretan objek bisa disimpan dalam bentuk digital dan dapat dengan mudah didistribusikan. Semakin bagus kualitas gambar, semakin tinggi resolusi gambar yang tentu saja akan membuat ukuran gambar semakin besar. Untuk proses sharing tentunya akan sedikit merepotkan jika ukurannya terlalu besar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kita bisa mengkompress ukuran gambar tersebut menggunakan software. Salah satunya ada software yang bernama Caesium.
Aplikasi karya Matteo Paonessa dan dapat diunduh di alamat http://sourceforge.net/projects/caesium/ ini berlisensi General Public License (GPL) sehingga boleh digunakan dan didistribusikan secara bebas. Berikut ini cara pakainya:
  1. Buka berkas foto. Jika hanya ingin membuka satu berkas foto, klik menu File > Add Pictures. Lewat menu ini, juga dapat dipilih beberapa berkas foto dengan klik sambil menekan-tahan tombol Shift di keyboard. Namun jika ingin membuka banyak berkas foto dalam sebuah folder, klik menu File > Open Folder. Caesium mendukung input format berkas foto TIFF, JPEG, PNG, BMP, PPM, XBM, XPM.
  2. Atur kualitas hasil kompresi dengan menggeser pasak (slider) Quality. Semakin kecil nilainya, semakin kecil pula ukuran berkas yang dihasilkan. Walaupun begitu, kami amati kualitasnya tidak banyak berkurang dari aslinya. Tentukan pula format berkas hasil kompresi, yaitu: JPEG, BMP, atau PNG. Jika Anda ingin agar semua berkas target (dalam folder) yang dibuka memiliki kualitas kompresi yang sama, aktifkan pilihan Same Quality for All. Klik tombol Set Quality.
  3. Jangan lupa menentukan alamat direktori untuk meletakkan hasil kompresi di bagian Output Folder. Jika sudah siap, klik menu Action > Compress!!
Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat.F

0 komentar:

Posting Komentar