Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

MSS : cara menyimpan halaman web ke format PDF

Tentunya sangat bermanfaat jika kita bisa menyimpan sebuah halaman web kedalam format PDF. Karena format PDF merupakan format yang sangat kompetibel untuk dibuka diberbagai macam platform sistem operasi. Nah, jika anda menginginkan untuk menyimpan halaman favorit web anda, maka mungkin tulisan kali ini bisa sedikit membantu. Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk menyimpan halaman web ke format PDF, tergantung dari jenis browser yang anda gunakan, apakah menggunakan firefox atau google chrome. Nama aplikasinya adalah Web2PDF.Berikut beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk menggunakan Web2PDF :
1) Firefox
Buka Firefox dan lanjutkan dengan membuka halaman add-on Web2PDF Converter di sini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/web2pdf-converter/
Selanjutnya, klik tombol Add to Firefox untuk menginstall add-on dan mengintegrasikannya ke Firefox. Setelah proses install selesai, restart firefox anda.
Setalah restart, anda diminta untuk memilih dimana anda ingin meletakkan tombol Firefox. Pilih sesuai kebutuhan.
Sekarang coba buka salah satu web dan kemudian coba simpan salah satu halaman website ke bentuk PDF.
2) Google Chrome
Jika anda menggunakan Google Chrome, buka halaman Web2PDF Web Store di sini http://chrome.google.com/webstore/detail/bkanhckocooacphbnclgcndnpfpoppdk. Lanjutkan dengan klik tombol Add to Chrome yang dikuti kil tombol Install.
Jika sudah selesai, anda akan melihat satu tambahan icon di Google Chrome. Jika ingin mencoba aplikasi ini, buka salah satu halaman web kemudian klik tombol icon Web2PDF di pojok kanan atas.
Selesai, sekarang halaman web yang anda kunjungi bisa disimpan dalam bentuk PDF.
3) Simpan Langsung
Kalau tidak ingin repot menggunakan Add-on atau Extension, anda bisa mencoba cara lain. Kunjungi website resminta di http://www.web2pdfconvert.com kemudian masukkan alamat halaman web yang ingin anda simpan ke format PDF.
Selanjutnya, klik tombol Convert to PDF pada bagian kanan dan tunggu samapi proses convert selesai. Lalu, klik Download PDF untuk menyimpannya ke dalam hardisk drive. Untuk cara ketiga ini, anda bisa menggunakan semua web browser eperti Internet Explorer, Opera atau web browser yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar