Ads 468x60px

Sabtu, 05 November 2011

MSS : Cara membuat sekring otomatis dengan menggunakan lampu bohlam

Sekring berfungsi untuk menjaga agar ketika terjadi konslet atau hubung singkat tidak akan ada bahaya yang berarti dan tentunya peralatan yang terhubung masih tetap aman. Memang sebenarnya dengan mengandalkan MCB yang ada dimeteran saja sudah cukup untuk menjaga agar aman jika terjadi konslet atau arus pendek. Tetapi MCM meteran mungkin sedikit kurang efektif karena kita direpotkan ketika terjadinya konslet, yaitu MBC akan mengalami trip/njegleg/anjlog. Nah, sebenarnya ada cara yang bisa kita coba untuk membuat alat sederhana yang berfungsi untuk membuat sekring otomatis yang terbuat dari bohlam. Bagaimana caranya ? Silahkan simak tutorial berikut.
Persiapan alat :
  1. Lampu Bolam 100 W, lampu bolam harus 100 W agar rangkaian bisa bekerja.
  2. Stop Kontak khusus untuk servis
  3. Colokan Listrik (Steker Listrik)
  4. Kabel secukupnya.
Cara Membuat Sekring Otomatis Dengan Lampu Bolam :
Intinya lampu Bolam 100 W itu di susun secara seri dengan servisan elektronik yang akan anda test. Ikuti aja gambar berikut ini :
Gampang sekali khan ……………Cara kerja rangkaian :
Kalau alat elektronik yang kita test NORMAL, maka BOLAM akan nyala sebentar terus mati, dan alat elektronik akan bekerja dengan normal seperti biasa. Tapi kadang waktu dicoba di monitor BOLAM akan nyala mati nyala mati, dst. Ini juga menandakan rangkaian power suply normal atau tidak konslet. Kalau alat elektronik yang kita test KONSLET, maka BOLAM akan nyala terus. Bolam yang digunakan 100 W karena daya Bolam harus diatas daya alat elektronik yang kita test. Kalau daya Bolam dibawah daya alat elektronik yang kita test maka Konslet tidak Konslet, BOLAM akan menyala terus.
Demikian apa yang bisa saya sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih

0 komentar:

Poskan Komentar