Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

MSS : Cara mudah konfigurasi jaringan dengan sekali klik

Proses konfigurasi jaringan sudah pasti membutuhkan proses yang cukup lama, karena selain harus paham infrastruktur jaringan yang digunakan, juga harus hafal dengan berbagai macam alamat IP. Tetapi hal tersebut setidaknya sudah dapat diatasi dengan adanya software NetSetMan. Software ini berfungsi untuk mempermudah kita dalam melakukan konfigurasi jaringan yang mengalami gangguan. Sebagai contoh misalkan dikantor kita menggunakan koneksi internet lebih dari 1 sumber atau satu ISP. Ketika kita menggunakan internet mengalami gangguan, misalnya disconnect, maka dengan cepat kita bisa berpindah ke ISP yang lain. Software NetSetMan bisa anda download di http://www.netsetman.com.
Namun, untuk berpindah koneksi, Anda harus mengakses dan mengubah konfigurasi parameter jaringan (misalnya di Windows XP melalui klik kanan My Network Places > Properties, lalu klik kanan pada ikon LAN dan pilih Properties, selanjutnya klik beruntun pada Internet Protocol (TCP/IP), ubah parameter jaringan, barulah klik tombol OK). Sungguh langkah yang panjang.
Alternatif solusinya, ya dengan aplikasi NetSetMan. Berikut ini cara penggunaannya:
1) Jalankan NetSetMan. Pada kotak dialog, klik tab Set1 lalu atur konfigurasi jaringan untuk koneksi internet (gateway) pertama.
2) Buka tab Set2 lalu lakukan hal yang sama dengan konfigurasi untuk koneksi internet (gateway) kedua.
3) Pilih konfigurasi koneksi manakah yang akan Anda gunakan, lalu klik tombol Activate.
4) Tunggu sampai tampil kotak dialog yang menunjukkan seluruh set konfigurasi yang dipilih telah diterapkan (ditandai dengan teks OK berwarna hijau dan teks Done). Mudah, bukan?
Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar