Ads 468x60px

Minggu, 06 November 2011

MSS : Kekurangan plugin wordpress antispam akismet

Akismet merupakan plugin yang cukup handal dalam menangani berbagai macam komentar spam. Komentar-komentar yang dibuat dan dikirim menggunakan robot dan software dapat dengan mudah diidentifikasikan oleh plugin akismet ini. Dengan adanya akismet, maka pekerjaan kita dalam menangani berbagai macam komentar sampah juga bisa lebih ringan. Bahkan komentar natural pun dari pengunjung asli dapat dianggap oleh akismet sebagai komentar sampah jika kedapatan memasukan dan mencantumkan berbagai macam link hidup (live link).
Tetapi disamping fitur dan fungsinya yang lumayan bagus, ternyata akismet juga mempunyai banyak kekurangan. Kekurangan-kekurangan plugin akismet diantaranya adalah :
  1. Akismet sering salah tangkap dalam menghalau spam yang masuk, kadang-kadang sebuah komentar yang isinya sangat bagus masih tetap dianggap spam oleh akismet. Dan yang paling lucu kadang-kadang akismet suka tidak kenal dengan boss/tuannya sendiri yaitu sang Admin blog, terbukti saya pernah beberapa kali kena ranjaunya ketika membalas beberapa komentar (tidak dalam posisi login) dan dianggap spam oleh akismet padahal itu terjadi di blog sendiri.
  2. Untuk bisa menggunakan jasa Akismet kita harus mendapatkan sebuah API Key, walaupun gratis untuk penggunaan personal tapi nampaknya agak sedikit disamarkan, pengguna selalu disarankan untuk menggunakan versi berbayar. Hal ini menurut saya kurang user friendly terutama untuk yang masih baru.
  3. Membuat berat loading blog terutama di sebuah halaman (page) dan postingan. Hal ini disebabkan karena Akismet dalam proses kerjanya untuk memantau spam yang ada di blog kita, dia tetap menggunakan server sendiri yang dihubungkan dengan server hosting blog kita dengan sarana API Key sebagai otentikasinya. Dan akan sangat terasa memberatkan loading blog jika server Akismet sedang bermasalah maka blog yang bersangkutan akan terkena dampaknya.
  4. Ketika verifikasi API Key bermasalah mengakibatkan timbul problem yang cukup fatal yakni pengunjung maupun admin (dalam posisi login) tidak bisa berkomentar di sebuah postingan atau halaman. Ini mungkin kasuistic dan tidak secara general. Tapi itulah kenyataannya yang terjadi di blog ini, tepatnya sekitar akhir bulan Juli yang lalu blog ini bermasalah di bagian komentar (pengunjung maupun admin (walaau dalam posisi login) tidak bisa berkomentar di sebuah postingan atau halaman). Setelah melakukan investigasi kurang lebih selama 5 hari ditemukan fakta-fakta di lapangan bahwa yang menjadi biang keroknya adalah plugin akismet (bermasalah dengan verifikasi API Key).
Demikian apa yang bisa mashasih.blogspot.com sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar